Rabu, 29 Juni 2011

PROFIL KECAMATAN TOILI BARAT

     Toili Barat merupakan sebuah kecamatan di kabupaten Banggai. terbentuknya toili barat merupakan hasil dari pemekaran kecamatan induknya yakni Kecamatan Toili. Kecamatan toili barat beribukota di Sindang Sari. luas wilayah kecamatan toili barat adalah 993,67 Kilometer Persegi. jumlah penduduknya adalah 22.177 jiwa. jarak dari ibukota kabupaten banggai ke kecamatan toili barat sekitar 125 Km dan dapat ditempuh selama 2 jam baik menggunakan motor maupun mobil pribadi. 
     toili barat terdiri dari 14 desa, yaitu Gunung keramat, Lembah Keramat, Bonebae, Pasir Lamba, Mantawa B, Mekar Jaya, Karya Makmur, Makapa A, Sindang Sari, Mekar Sari, Bukit makarti, kamiwangi, Dongin, dan Uwelolu. mata pencaharian sebagian besar masyarakat toili barat adalah bertani dan berkebun. lahan pertanian di dominasi oleh persawahan yang amat luas sedangkan lahan perkebunan di dominasi oleh perkebunan kelapa sawit milik PT. Kurnia Luwuk Sejati (KLS). namun akhir-akhir ini masyarakat mulai meninggalkan mata pencahariannya dan beralih menjadi penambang emas yang penghasilannya dianggap lebih menjanjikan. lokasi penambangan emas ini adalah milik rakyat yang pengolahannya dilakukan secara manuan dengan menggunakan dulang dan secara mekanis dengan menggunakan mesin. dampak dari penambangan emas ini adalah rusaknya lingkungan karena para penambang sama sekali tidak pernah memikirkan mengenai AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).
     terlepas dari permasalahan diatas, toili barat merupakan daerah yang penduduknya multi etnis atau sangat beragam. suku bangsa yang terdapat di toili barat di kelompokkan menjadi dua bagian, yakni masyarakat transmigrasi yang terdiri dari Suku Sasak, Bali dan Jawa. sedangkan kelompok yang satunya lagi lebih sering dipanggil dengan Orang kampung atau tuan tanah yang terdiri dari suku banggai, saluan, bugis, Taa dan Bajo.
     Objek wisata yang terletak dikematan Toili barat adalah Pantai Pandanwangi dan Bendungan Mantawa yang menjadi primadona bagi masyarakat Toili barat dan pendatang.

Nb: Mohon bagi para pengunjung blog ini memberikan komentar agar blog ini menjadi sempurna. komentar anda sangat membantu pengembangan blog ini.wassalam



4 komentar:

  1. minta data monograpi desa rata dong

    BalasHapus
  2. Saya dari pasir lamba.. yah lumayan dengan blogx tp. Perlu d tingkatkan saja

    BalasHapus
  3. Saya dari pasir lamba.. yah lumayan dengan blogx tp. Perlu d tingkatkan saja

    BalasHapus
  4. Saya dari unit 11, lumayan blognya, hanya saja blm dtail, contoh desa rata pantai yang tidak disebutkan, dan mata pencaharian nelayan di rata pantai. Mngkin bisa lebih dutingkatkan

    BalasHapus