Rabu, 08 Juni 2011


Luwuk Merupakan Ibukota Kabupaten Banggai yang Terletak di Ujung Timur Pulau Sulawesi. Kota Yang Indah nan Asri yang membuat orang Tak bisa tidur jika pertama kali ke kota tersebut. Sebagai orang kabupaten banggai yang tinggal di kecamatan Toili Barat saya bangga akan kota Luwuk. akses dari kecamat toili barat ke luwuk bisa ditempuh menggunakan jalur darat yang menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan.
 Kota Luwuk mempunyai moto "Luwuk Berair" dengan arti kota yang "Bersih - Aman - Indah dan Rapi". kota luwuk di domisili dengan semua auku yang ada di indonesia, jadi unutk pergaulan bisa lebih cepat beradaptasi Sedikit dataran rendah yang terdapat di bibir pantai menjadi sentra kota, pemerintahan dan pemukiman penduduk. Sedangkan tak jauh di belakang kota adalah dataran tinggi / pegunungan yang hijau dan subur. Kondisi geografis ini membuat kota Luwuk tampak unik, memanjang menyusuri pantai.
Suku asli kota Luwuk yakni suku Balantak, Saluan, dan Banggai (sebelum banggai menjadi kabupaten sendiri) biasa disingkat Babasal. Mereka dapat berinteraksi dan berbagi dengan suku pendatang seperti Gorontalo, Makassar-Bugis(Sulsel), Jawa, Buton-Muna-Raha(Sultra), Mori(Poso), Kaili(Palu dan sekitarnya), Manado dan Tionghoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar